4 Cara Meningkatkan Customer Engagement

Jika kita berbicara tentang menciptakan engagement, khususnya jika Anda berkecimpung di social media marketing, tentunya bukan suatu hal yang mudah dilakukan. Kesalahan terbesar yang banyak dialami para marketer ketika mereka mempromosikan brand, perusahaan, atau bahkan diri sendiri di media sosial adalah berpikir bahwa melakukan post konten saja sudah cukup. Namun sebenarnya mengelola akun Facebook, Instagram, Twitter, atau media sosial apapun berarti harus menyusun strategi agar audiens Anda tetap terpikat, sekaligus menarik pengguna, baru dan lama, ke page Anda.  Mari simak beberapa tips yang kami susun di bawah ini:

1.Post konten secara konsisten.

Aturan pertama untuk meningkatkan engagement adalah terus-menerus membuat dan post konten yang relevan. Untuk melakukan ini, Anda perlu mencari tahu konten apa yang dapat melibatkan audiens Anda. Banyak brand tidak sepenuhnya memahami betapa pentingnya mempelajari kompetitor dan orang lain yang berhubungan dengan brand mereka.

Menghasilkan konten berkualitas dan konsisten membantu brand memantapkan diri mereka sebagai pemimpin dalam industri mereka. Keteraturan konten Anda memiliki pengaruh langsung pada bagaimana kepercayaan orang-orang terhadap brand Anda. Semakin konsisten, semakin kredibel.

2. Relevan dan tepat waktu.

Akun yang paling sukses harus tahu cara bagaimana ‘menempelkan diri’ dengan topik yang sedang tren. Kita harus menyadari bahwa jauh lebih mudah untuk mengikutsertakan diri Anda ke dalam percakapan besar-besaran yang sudah terjadi daripada memulai percakapan dari awal. Jonathan Foley, pendiri @Positivity, @Societyfeelings, dan CEO WULF Marketing, mengatakan, “Ketika Anda melihat halaman atau akun yang memiliki engagement yang sangat tinggi, itu karena mereka tahu cara membuat konten yang beresonansi. Jadi, jika Anda membuat setiap pos yang relevan dengan sesuatu yang sedang tren di dunia, Anda akan memasuki traffic tersebut.”

3. Terlibatlah dengan audiens Anda.

Cara hebat untuk terhubung dengan orang-orang di page Anda adalah dengan membuat percakapan. Untuk meningkatkan engagement, libatkan lah diri Anda. Seperti melibatkan orang-orang tertentu dalam cerita Anda, atau menemukan cara untuk berterima kasih atau bahkan memberi penghargaan kepada pengikut Anda yang paling engaging. Dan, jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan hal tersebut, pekerjakan seseorang untuk melakukannya untuk Anda.

4. Jalankan campaign dan promosi.

Saat ini, bahkan page yang paling viral harus menghabiskan uang untuk terus tumbuh. Menjalankan campaign di post Anda yang paling populer atau paling menarik dapat menjadi cara yang bagus untuk mempertahankan momentum dan terus membangun brand Anda. Setelah Anda mengetahui pos mana yang paling sesuai dengan audiens Anda, sampaikan kepada audiens baru sehingga Anda dapat menarik orang-orang yang Anda inginkan untuk mengikuti page Anda.

Selanjutnya, setelah Anda menjalankan keempat tips di atas, Anda dapat menggunakan datanya untuk proses pembuatan atau kurasi konten berikutnya. Jika post meme mendapatkan engagement paling banyak, maka bagikan lebih banyak lagi. Jika itu video, bagikan lebih banyak video. Biarkan data memberi tahu Anda sehingga Anda dapat melakukan lebih banyak hal yang sudah berfungsi dengan baik.

Jika halaman Anda tampak hebat, pengguna akan lebih mungkin untuk memberikan perhatian mereka, yang tentu saja itu tujuannya, kan? Apakah Anda butuh bantuan mengenai hal ini? Kami siap membantu.

Sumber:

https://www.inc.com/john-boitnott/5-reasons-your-content-must-be-consistent-to-be-effective.html

https://www.onlinemarketinginstitute.org/blog/2015/02/3-ways-to-use-timely-content-marketing-to-boost-your-brand/

https://www.entrepreneur.com/article/315052

https://blog.spot.im/the-importance-of-engaging-with-your-target-audience/1619/

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.