Mid-roll Advertising Pada Facebook

Lagi enak-enaknya nonton video di Facebook, eh terpotong iklan. Jangan aneh, Guys. Format iklan baru ini sudah diterapkan beberapa tahun belakangan pada video yang di upload di Facebook, lho. Sebagai pengguna, mungkin hal ini mengganggu kenyamanan kamu dalam menonton video. Tapi sebagai, pengiklan atau marketers, hal ini tentunya membawa keuntungan tersendiri dalam setiap iklan yang ditayangkan.

Mid-roll ads namanya. Model iklan seperti ini hampir serupa dengan Youtube. Kalau Youtube menyisipkannya di awal-awal sebuah video, nah Facebook ini menyisipkan iklannya di tengah-tengah video, Guys. Hal ini untuk meminimalisir audiens menge-skip sebuah tayangan dan mau-tak-mau mereka harus menonton habis iklan ini. Nggak lama kok Guys, iklan ini hanya berdurasi sekitar 20-60 detik saja. Dan video yang di upload harus memiliki durasi sekurang-kurangnya 90 detik untuk memenuhi syarat iklan.

Facebook akan membagi keuntungannya sebesar 55% dari setiap video yang sudah disisipi iklan pada video kamu. Dengan video mid-roll yang nggak bisa di skip ini, ada tantangan yang berbeda: Eksekusi yang lemah bisa meracuni konten sekitarnya untuk konsumen, mendorong mereka untuk menyerah pada apa yang mereka tonton daripada duduk melalui keseluruhan iklan. Jadi, tantangannya adalah bagaimana caranya kamu membuat sebuah video menarik yang disisipi iklan, tanpa tendensi ditinggalkan audiens ditengah iklan yang sedang diputar.

Kalau kamu mempunyai bisnis yang sedang berkembang, mid-roll ads ini layak banget kok untuk dipertimbangkan. Karena saat ini, iklan adalah bagian dari pengalaman online audiens. Dan siapa pun di industri iklan akan setuju bahwa periklanan yang efektif adalah tentang waktu yang tepat.

Sudah siap dengan video menarik yang disisipi iklan? Yuk, coba tantangan advertising mid-roll ini untuk bisnis kamu, Guys.

(dari berbagai sumber)

Trik Untuk Menjadi “Facebook Ninja”

Dunia digital tidak pernah terlepas dari sosial media yang memiliki peran penting salah satunya dalam strategi digital marketing karena dapat meningkatkan brand awareness. Sosial media memegang arti yang sangat penting dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Seluruh masyarakat dunia sudah bisa menggunakan sosial media dan di pastikan jumlahnya masih akan terus bertambah.

Salah satu platform media sosial yang sampai saat ini dianggap efektif yaitu Facebook. Dengan tampilan yang lengkap, memiliki semua fitur yang dibutuhkan maka tidak heran facebook menjadi platform yang paling diminati. Namun, terkadang konten yang dibuat tidak selalu meningkatkan engagement dari followers bahkan hingga tidak ada respon sama sekali. Oleh karena itu, Social Media Officer seharusnya melakukan trik untuk meningkatkan engagement dari followers. Berikut trik yang bisa digunakan :

1. Custom Post Audience

Disini kita bisa melakukan custom postingan yang akan dibuat dengan menargetkan audience lebih spesifik lagi.

2. Page’s Like to Page Fan’s

Jadikan audiens yang menyukai konten yang dibuat menjadi fans setia postinganmu dengan invite mereka.

3. Create Carousel Format Facebook Post

Tentu saja foto atau gambar adalah hal penting dalam konten yang dibuat karena akan menjelaskan atau menggambarkan isi kontenmu. Namun, terkadang satu foto saja tidak cukup untuk menggambarkan isi konten. Maka jangan ragu dan postinglah beberapa foto dalam satu konten.

4. Use a Cover Video Instead Cover Image

Cover menggunakan gambar? That’s so last year. Sudah saatnya kita mengganti cover Facebook dengan video hal ini tentu saja akan membuat orang yang melihat halaman facebook menjadi tidak bosan.

5. Time is Money

Jangan menyia-nyiakan waktu dengan memosting kontenmu di waktu yang salah karena kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah tidak ada satu orang pun yang akan melihat kontenmu. Cari waktu yang tepat untuk memosting kontenmu, lihat traffic di Facebook dengan menjangkau potensial tertinggi.

Membagikan postinganmu akan lebih baik jika terencana dengan baik agar mendapatkan hasil yang optimal. Lakukan trik tersebut dengan konsisten dan lihatlah perbedaannya. Selamat mencoba!

Sumber :
https://www.linkedin.com/pulse/10-tricks-make-you-facebook-ninja-ankit-kanna-/?trackingId=viNQ%2BKFewQVKJIpHNgMhcQ%3D%3D
http://www.brightstars.co.id/blog/peran-social-media-di-dalam-strategi-digital-marketing/
https://aggregateblog.com/facebook-features/

Tips dan Trik Penggunaan Email Marketing (Bagian 2)

Bulan lalu, kita sudah membahas mengenai Email Marketing bagian 1. Disana sudah dijelaskan beberapa poin penting yang perlu diperhatikan saat menggunakan Email Marketing. Sekarang, mari kita bahas poin selanjutnya.

Kemas email dengan menarik

4. Perhatikan penulisan format
Sebanyak 43% email dibaca dengan menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tab, menurut penelitian yang dilakukan oleh Litmus, perusahaan pengujian email dan analisis. Buatlah isi email yang Anda kirim bersifat mobile-friendly agar pembaca merasa nyaman.

Selain itu, Anda juga harus mematuhi aturan CAN-SPAM. [CAN-SPAM] adalah undang-undang yang mengatur persyaratan email komersial, memberi hak kepada penerima email untuk mengentikan Anda mengirimi mereka email, dan memberikan hukuman jika ada pelanggaran.

5. Tentukan pengirim email

Saat Anda menerima dua email, yang pertama dari sebuah nama perusahaan dan yang lainnya berasal dari nama perseorangan. Manakah yang akan Anda buka?

Beberapa pakar pemasaran menyarankan untuk menggunakan merek/nama perusahaan, dan yang lain lebih memilih mengirim email dengan menggunakan nama dan email orang dari perusahaan karena akan bersifat lebih pribadi.

Anda bisa menentukan ini dengan menilai kecenderungan pasar Anda. Apakah mereka merek/nama perusahaan atau orang-orang yang ada di perusahaan Anda? Bisa jua menentukannya dari konten email yang akan Anda kirim. Jika email berisi promosi, Anda bisa menggunakan email dengan nama perusahaan. Atau jika email berisi penjelasan atau permohonan maaf, Anda bisa menggunakan email dari perseorangan.

6. Buatlah subjek yang memikat

Email yang Anda kirim pasti bersaing dengan banyak email lainnya yang masuk ke penerima. Cara terbaik untuk terlihat dan menonjol adalah dengan menuliskan subjek yang menarik. Rangkai kata sebaik mungkin tapi harus ringkas dan tetap jelas dengan hanya 50 karakter. Contoh saat Anda mengirimkan email dengan subjek “Pesanan Anda berupa sebuah iPhone X dengan no resi 123456789…” untuk konfirmasi pesanan, itu akan lebih baik jika ditulis dengan “Pesanan Anda telah diproses…”. Dengan begitu, penerima akan penasaran dan membuka email tersebut untuk membaca keterangan lebih lanjut.

Maksimalkan penggunaan email

7. Atur preview text

Penyedia layanan email akan menampilkan baris pertama dari email yang Anda kirim. Dengan kata lain, itu adalah pratinjau dari konten didalam email tersebut. Jumlah teks yang ditampilkan sesuai dengan pengaturan dari penyedia dan penggunanya.

Ini menjadi salah satu hal penting untuk memaksimalkan penggunaan email marketing. Bila Anda tidak melakukan pengaturan untuk preview text ini, penyedia akan dengan otomatis menampilkan teks tersebut yang diambil secara acak dari konten email yang Anda kirim. Tidak hanya jadi terlihat berantakan dan malah tampak tidak menarik, bahkan Anda bisa kehilangan kesempatan memikat hati penerima email untuk membuka dan membacanya.

8. Jaga email tetap ringkas

Kebanyakan orang lebih menyukai dan nyaman membaca email yang ringkas. Karena tidak akan memakan banyak waktu. Mereka ingin mendapatkan inti dari isi email tersebut dengan cepat, mereka juga cenderung melontarkan dan mengumpulkan keseluruhan pesan sebelum memutuskan untuk merespon.

Apa alasan lain mengapa perlu menjaga agar email Anda tetap ringkas? Konten yang terlalu panjang sebenarnya adalah red flag untuk filter spam. Jadi, jaga email tetap ringkas agar tidak dianggap spam.

Agar email Anda tetap ringkas dan menarik, tulis email Anda seperti saat Anda berbicara dengan seseorang dalam kehidupan nyata. Jika Anda perlu menulis email dengan panjang, buatlah menjadi beberapa bagian supaya penerima tidak lelah membaca. Hal ini akan mempermudahkan skimming pada pembaca.

Source:
https://www.marketingjoss.com/apa-itu-email-marketing-jawaban-lengkap/
http://inc-asean.com/technology/email-marketing-trick-can-greatly-help-performance-new-list/
https://quickbooks.intuit.com/r/email-marketing/8-email-marketing-tips-tricks/
https://blog.hubspot.com/marketing/make-emails-more-clickable-list
https://idaff.com/cara-membuat-subject-email-yang-baik/

Virtual Reality ? Sebuah Inovasi Video Campaign Marketing saat ini.

Inspirational, Engagement, Impact! Ini adalah beberapa alasan bagi perusahaan besar saat ini memanfaatkan teknologi imersif , yaitu sebuah teknologi yang mengaburkan batasan antara dunia nyata dengan dunia digital atau dunia simulasi, sehingga penggunanya bisa merasakan suasana yang mirip dengan dunia nyata. Dalam hal ini teknologi imersif Virtual reality atau kita kenal sebagai VR berperan sebagai medium baru marketing produk dan jasa.

Dibawah ini kami ingin menghadirkan beberapa VR Marketing Campaigns, dimana marketing dan branding dari sebuah perusahaan berpikir out-of-the-box membawa konten video marketing ke level yang lebih tinggi.

1. Coca Cola’s Santa’s Virtual Reality Sleigh Ride

Coca Cola menciptakn virtual reality pada natal tahun lalu yang bertemakan kereta luncur (Sleigh ride) pada musim natal. Dengan memakai Oculus Rift, ribuan orang di seluruh Poland tenggelam dalam teknologi imersif di dunia virtual dan merasakan menjadi Santa Claus dalam sehari! Ini seperti menaiki sebuah roller-coaster tapi anda dapat menjadi Santa Claus yang mengarungi berbagai negara dan mengunjungi berbagai pedesaan.

Coca Cola adalah merk besar dan mereka telah bereksperimen menggunakan Virtual Reality saat ini. Coca Cola berusaha untuk tetap modern, baru , dan menghadirkan sesuatu yang fresh, hal ini menjadi keuntungan bagi merk tersebut. VR bertemakan kereta luncur (sleigh rides) ini adalah ide yang sangat baik untuk menunjukan sebuah merk modern yang telah menggunakan VR. Mereka menampilkan ini kepada orang di Poland, dan memberikan pengalaman menikmati suasana natal dengan lebih menarik.

2. McDonald’s Happy Meal VR Headset and Ski App

Melalu Happy Meal Box mereka, MC Donalds merilis Google Cardboard mereka sendiri.Mereka melakukan percobaan ini di Sweden, dimana mainan yang biasa menjadi hadiah Happy Meal adalah MC Donalds Cardboard VR headset ini. Dalam kasus ini, hal ini dapat memberikan rasa bahagia kepada orang yang mendapatkan Happy Box ini. VR ini menampilkan musim Sky yang menjadi rekreasi bagi orang Swedia. Mc Donalds sudah menjangkau seluruh dunia, merk ini merupakan hal yang legend di dunia marketing.Strategi promosi yang baru ini membantu untuk memanfaatkan peran Happy Meal Box dan mengubah temanya menjadi “Happy Goggle”. Pemanfaatan kembali box Happy Meal sangat luar biasa dan dia menyediakan hiburan baru melalui aplikasi untuk konsumennya.

3. Topshop Catwalk with VR

TopShop menghadirkan sebuah front-row yang unik untuk pagelaran busananya yang eksklusig selama London fashion Week dengan menggunakan 360 panorama video.  Pemenang dari sebuah kompetisi yang beruntung dapat merasakan sebuah pengalaman di Pop-Up Store TopShop Di London, pengunjung dapat melihat koleksi sebelumnya dalam VR yang diciptakan oleh Inition Studio VR London. Ini adalah penggunaan teknologi yang hebat, dijalankan dengan baik dan merupakan salah satu pengalaman pertama Oculus.

 

Branding Lessons from Bobbi Brown

Apakah kamu familiar dengan nama Bobbi Brown? Oh, bukan. Bukan penyanyi yang menyanyikan “Every Little Step” itu. Bobbi Brown (Cosmetics) adalah sebuah brand kosmetik yang juga merupakan nama asli dari foundernya, Bobbi Brown. Bobbi Brown merupakan seorang makeup artist profesional yang berasal dari Amerika.

Sebagai seorang entrepreneur, Bobbi Brown telah membentuk sebuah cult terhadap brand kosmetiknya yang berkonsep natural seperti filosofi yang dimiliki Brown: “Women want to look and feel like themselves, only prettier and more confident.”

Berdiri dari tahun 1991, Bobbi Brown tidak secara gampang dan ajaib menjadi salah satu brand kosmetik pilihan para beauty enthusiast. Brown menghabiskan banyak waktu untuk berkomunikasi dengan orang, memahami keinginan mereka dan apa yang mereka cari dari sebuah kosmetik. Dengan begitu, Brown mampu menyediakan produk yang mereka kagumi dan bicarakan.

Bagaimana cara Bobbi Brown membuat orang-orang mencintai brand-nya? Yuk, simak.

1. Bagaimana mengetahui hal yang spesial dari brand-mu.

Bobbi Brown memiliki konsep natural, bertolak belakang dengan alasan mengapa terciptanya makeup. Menurutnya, terlihat cantik bukan berarti harus menggunakan riasan smoky eyes dan bibir yang merah. Sedikit eyeliner, foundation, dan lipstick berwarna natural bisa membantu membuat wanita merasa percaya diri. Lalu mengapa para wanita atau beauty enthusiast memilih Bobbi Brown? Seperti filosofi yang dipercaya oleh Brown: Wanita hanya ingin terlihat dan merasa seperti dirinya sendiri, hanya lebih cantik dan percaya diri. Tentunya konsep makeup natural ini cocok bagi mereka. Tetaplah yakin terhadap kepercayaanmu walaupun bertolak belakang dengan konsep kebanyakan yang ada saat ini. Itu lah yang membuat brand-mu spesial.

2. Mencari costumer yang ideal.

Mungkin ini terdengar ‘kolot’, tetapi Brown tidak suka mengeluarkan banyak biaya untuk menggunakan marketing tools berbayar. Brown lebih suka bepergian kemana-mana untuk menanyakan apa yang diinginkan setiap orang. Itu lah yang membuat Brown dapat mendapatkan costumer yang ideal bagi brand-nya. Mendengarkan keluhan dan keinginan mereka secara langsung.

3. Tips untuk menumbuhkan customer tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Ketika New York Fashion Week pertama digelar, Brown mendapatkan dukungan dari teman dan kerabatnya. Brown menyadari bahwa teman dan kerabatnya bisa membantunya dalam memasarkan brand-nya. Dia mengundang beberapa teman, model, dan editor ketika launching lipstiknya untuk kali pertama. Hasilnya pun membuktikan bahwa teman, temannya teman, dan orang-orang terdekat mereka dapat membentuk suatu kumpulan customer tanpa batas.

Itulah yang dilakukan Bobbi Brown dalam menumbuhkan brand-nya hingga sampai menjadi pilihan teratas beberapa beauty enthusiast dan para wanita. Bagaimana denganmu? Apa yang sudah kamu lakukan untuk brand-mu?

Sumber:
https://www.forbes.com/sites/jaynacooke/2017/10/17/from-the-inside-out-bobbi-brown-on-entrepreneurship-beauty-and-health/5/#42fbbf174734
https://www.entrepreneur.com/article/303476
https://michiganavemag.com/bobbi-brown-on-her-midwest-upbringing-and-latest-ventures
https://hbr.org/2014/10/bobbi-brown