SMS Marketing: Old but Gold


Menurut Mobile Phone Marketing US, 90% lebih populasi manusia di dunia memiliki telepon seluler. Khusus untuk di Indonesia sendiri, data dari eMarketer menunjukkan jumlah pengguna smartphone terus meningkat, dari 55 juta di tahun 2015 akan terus naik hingga 92 juta sampai nanti di tahun 2019. Dan saat ini Indonesia merupakan pasar penjualan smartphone terbesar ke-3 di kawasan Asia Pasifik (setelah China dan India).

Dengan banyaknya pengguna telepon seluler, otomatis semakin banyak target market bagi Anda untuk menyampaikan informasi, promosi dan memasarkan produk. Meskipun perkembangan teknologi telah menyajikan beragam media untuk melakukan promosi, namun tetap ada satu jenis media yang hingga saat ini masih sangat potensial untuk digunakan. Benar sekali, SMS!

Kami yakin semua orang di dunia pasti kenal dan pernah menggunakan SMS atau Short Message Service. Dan melihat dari perilaku manusia modern yang semakin erat berkaitan dengan telepon seluler, kami juga yakin pemanfaatan SMS marketing masih menjadi pilihan yang efektif untuk beriklan.

Untuk memperkuat kayakinan tersebut, berikut adalah beberapa alasannya:

1. Cepat, personal, dan langsung diterima

Berkaitan dengan sifatnya yang real-time, brand dapat melakukan interaksi langsung dengan para penerima SMS marketing. Selain itu, SMS marketing (dengan dukungan teknologi) dapat dikustomisasi supaya setiap pesan yang terkirim dapat berisi nama masing-masing penerimanya, sehingga memberikan kesan personal dan spesial.

2. Pesan pasti dilihat dan dibaca

Email yang masuk inbox anda mungkin bisa tidak terbaca, karena banyaknya email yang masuk setiap hari. Melakukan panggilan telepon juga bisa saja tidak terangkat. Tapi kalau SMS? Memiliki kemungkinan besar untuk dilihat dan dibaca. Setiap bangun pagi, Anda pasti saja melihat telepon seluler, dan memeriksa semua pesan yang masuk, bukan?

3. Murah dan trackable

Hanya dengan kisaran harga mulai dari Rp75/SMS, ia menjadi salah satu media promosi yang tidak memberatkan budget beriklan Anda. Selain itu juga ada beberapa tools yang dapat membantu menganalisa SMS campaign Anda, slicktext.com salah satu contohnya. Dengan menggunakan tools ini, Anda dapat mengetahui siapa yang membuka pesan Anda, apa saja yang mereka klik, dan siapa yang mengabaikan.

Untuk Anda yang sudah mencoba melakukan SMS Marketing, namun merasa belum mendapatkan manfaat yang maksimal, berikut beberapa hal yang dapat Anda optimasi dari teknis praktiknya, antara lain:

1. Yang paling utama, bahasa!

Karakter yang terbatas memaksa SMS harus singkat, padat, dan jelas. Unsur di dalamnya harus memuat:

  • What                 : barang/jasa apa yang dipromosikan.
  • Where & How : di mana dan bagaimana cara mendapatkannya.
  • When                 : kapan masa periode promo tersebut.
  • Who                 : siapa pengirimnya, baik itu brand atau marketing
  • Price                 : info ini paling ingin diketahui konsumen.

2. Pemilihan waktu blasting yang tepat

Sama seperti konten media sosial, SMS Anda pun harus mempunyai informasi best time untuk melakukan pengiriman. Informasi ini dapat diperoleh berdasarkan beberapa hal, antara lain: jenis produk yang ditawarkan atau waktu pengguna paling aktif dari operator tertentu. Biasanya waktu yang direkomedasikan adalah pagi atau malam hari, sebelum atau setelah jam sibuk dimulai. Namun lagi-lagi, hal ini bias berbeda untuk setiap produk/jasa.

3. Memulai percakapan dengan sapaan

Karena kemampuannya yang dapat lebih personal, SMS yang Anda kirimkan diharapkan dapat memberi ramah. Pastikan sapaan di awal SMS promosi Anda dapat langsung mencuri perhatian sang konsumen.

4. Call to Action

Informasi sudah lengkap, waktu SMS juga sudah tepat, dan sapaan yang mencuri perhatian sudah melengkapi konten SMS Anda, selanjutnya ajak konsumen untuk melakukan tindakan yang Anda harapkan dengan jelas, singkat dan padat. Bisa dalam bentuk pembelian produk/jasa, mengarahkan ke website untuk informasi lebih lanjut , membalas pesan Anda, atau lainnya.

Jadi, sudah terbayang SMS seperti apa yang akan Anda kirimkan untuk mempromosikan atau mem-branding bisnis Anda? Jika Anda belum pernah mencoba berpromosi menggunakan SMS Marketing, kami sangat merekomendasikannya untuk digunakan oleh bisnis Anda.

Selamat mencoba!

 

Sumber:
https://www.smartinsights.com/mobile-marketing/mobile-marketing-analytics/mobile-marketing-statistics/
https://www.clickz.com/is-sms-marketing-still-relevant-in-2017/112101/
https://callhub.io/6-reasons-sms-effective-email-marketing/
https://www.socialmediatoday.com/news/why-mobile-messaging-should-be-part-of-your-marketing-strategy/520648/
http://www.juvlon.com/blog/sms-marketing-trends-to-follow-in-2018/
https://fastsms.co.uk/blog/sms-marketing-tips-2018.html
http://www.mobilephonemarketing.us/sms-marketing.html
https://www.vision6.com.au/blog/5-examples-of-sms-marketing-done-the-right-way/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.