Bagaimana Pengaruh Video Marketing pada sebuah Brand?


Video akan menjadi suatu hal yang efektif bagi strategi marketing, dan sebuah brand yang membuat video ini dengan baik akan meningkatkan engagement dengan konsumennya. Nyatanya lebih dari sebagian besar perusahaan telah menggunakan video untuk marketing strategy mereka. Brand-brand yang mengubah marketing berupa iklan tekstual menjadi sebuah video memiliki kesempatan terbaik untuk mengubah ketertarikan konsumen pada suatu produk menjadi penjualan, terlebih lagi jika mereka membuatnya dalam bentuk mobile platforms. Ini bukti bahwa jika kita sadari umur 18 – 30 tahun menghabiskan paling tidak 36 menit per minggu untuk menonton video pada smarthphone, ini adalah umur yang mendominasi saat ini. Dan generasi millenials saat ini akan mendominasi pasar setelah generasi sebelumnya yaitu Baby Boomers yang akan pensiun dalam beberapa tahun yang akan datang. Jadi kelompok dari generasi Millenials saat ini akan menjadi kunci dari grup konsumerisme yang harus difokuskan bagi setiap Brand.

Kenapa video marketing ini sangat efektif?

Konten marketing dan sosial media memberi perubahan besar tehadap permainan online marketing. Storytelling dari sebuah brand menjadi perhatian utama dan menjadi sebuah keuntungan dalam membuat suatu hal yang lebih menyentuh manusia itu sendiri dan membawa bisnis mereka terhubung dengan konsumennya.

Untuk bisnis dengan skala kecil , membuat video bisa digunakan dengan budget yang tidak terlalu mahal. Perusahaan besar mungkin bisa membuat sebuah video yang stand-out dengan budget yang tidak murah juga, tetapi perusahaan dengan skala lebih kecil juga dapat membuat video marketing yang berhasil dengan memperhatikan beberapa hal dibawah ini, diantaranya :
• Menjawab dengan aktif pertanyaan konsumen (FAQs)
• Memamerkan produk dengan menarik.
• Melibatkan pengguna produk dengan berkontribusi untuk memperlihatkan produk kamu dalam kehidupan nyata konsumen tersebut.
• Memperkenalkan atau membuat profil dari para pekerja dibalik Brand kamu, membuat suatu hal yang lebih intim shingga konsumen merasa dekat dengan.
• Memperlihatkan penggunaan produk.
• Menayangkan testimonial video.

Ribuan dari bisnis kecil di YouTube channel telah membangun audiens dan kredibilitas dengan cara yang sederhana, iklan yang mudah dipahami, dan studi telah membuktikan bahwa video memiliki pengaruh yang sangat besar untuk penjualan terutama bagi bisnis kecil dan cottage industry (penyewaan villa, guesthouse, hotel). Lebih dari sebagian besar marketing memberikan respon di tahun 2014 Video Statistik by Invodo mengatakan bahwa video menawarkan ROI (return of investment) tertinggi dibandingkan dengan tipe konten marketing yang lainnya.

Sumber : https://www.dreamgrow.com/video-marketing/
https://smallbiztrends.com/2017/02/video-marketing-trends.html


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.