Categories
Sponsored Tips

5 Tips Membuat Video Slideshow Keren

Ada banyak cara untuk meramaikan suasana. Di acara-acara yang menyajikan nostalgia seperti acara ulang tahun, pertunangan, pernikahan, atau reuni, salah satu cara untuk meramaikan suasananya adalah dengan menyajikan slideshow video.

Ya, slideshow video kini makin populer. Hal ini tidak lain tidak bukan karena didukung juga dengan semakin majunya teknologi. Dulu, tidak banyak gadget yang bisa memainkan atau memutar video slideshow. Tapi sekarang, ada ada banyak orang yang sudah menggunakan smartphone.

Karenanya, tidak sedikit juga orang yang kini membuat video slideshow untuk tujuan menghibur saja, bukan untuk acara-acara yang disebutkan tadi. Mereka membuat banyak konten video slideshow untuk media sosial, yang juga sekaligus mengukir memori bersama teman-teman melalui media sosial pula.

Tapi, kita tidak bisa sembarangan membuat video slideshow. Salah-salah, video slideshow yang kita buat malah tidak menarik dan tidak menyampaikan pesan yang ingin kita sampaikan.

Karenanya, simak beberapa tips membuat video slideshow berikut ini, sehingga kamu bisa membuat video slideshow yang sangat menarik.

1. Buat pakai editor yang mudah

Ada banyak software editing video slideshow yang bisa digunakan. Tapi biasanya, menggunakan software itu akan sulit dan rumit. Software tersebut dikhususkan untuk digunakan para profesional.

Walau begitu, kita tidak perlu khawatir karena kini ada situs dan aplikasi editing video slideshow yang bisa digunakan. Aplikasi dan website seperti Canva ini bahkan bisa digunakan secara gratis dan juga memiliki banyak fitur yang bisa membuat pembuatan video slideshow menjadi mudah.

2.  Pakai musik

Selain visual, elemen audio juga bisa membawa kita bernostalgia. Karenanya, akan lebih baik jika dalam video yang digunakan, kita menggunakan musik latar belakang. Kita bisa memilih musik atau lagu yang sesuai dengan tema video slideshow. Untuk acara pernikahan, kita bisa menggunakan musik romantis. Untuk acara ulang tahun, kita bisa menggunakan musik yang ceria. Sementara untuk acara reuni, kita bisa menggunakan lagu-lagu yang populer saat sekolah.

3.  Ingat durasi

Kita bisa memasukkan foto dan video yang menurut kita sangat perlu untuk dimasukkan dalam video slideshow. Hanya saja, kita juga perlu untuk mengatur durasi. Jangan sampai kita memasukkan terlalu banyak foto dan video, sehingga durasi video slideshow malah jadi terlalu panjang. Hal ini akan membuat penonton bosan.

Tapi jangan juga membuat video slideshow terlalu pendek, karena hal ini akan membuatnya jadi kurang berkesan.

4.  Gunakan gambar resolusi tinggi

Ini adalah hal yang wajib dan perlu diperhatikan. Kita tidak mau gambar dalam video slideshow kita jadi buram dan kabur saat ditayangkan. Karenanya, kita perlu untuk menggunakan gambar atau video beresolusi tinggi.

Ketika menggunakan gambar atau video yang berkualitas buruk, maka tampilan video slideshow menjadi kurang menarik, tidak fokus, pecah-pecah, dan sulit untuk dilihat. Hal ini juga akan mengganggu untuk para penonton.

5.  Simpan dalam format yang tepat

Video slideshow harus juga disimpan dalam format yang tepat. Tergantung dari media tempat video slideshow akan ditayangkan. Biasanya, jika akan dimainkan lewat komputer, laptop, atau smartphone, kita perlu menyimpannya dalam format .mov, .mp4, atau .avi.

Jika kita akan memasangnya di media sosial, maka kita perlu tahu dulu jenis format video apa yang didukung oleh media sosial tersebut. Perlu diperhatikan juga tentang bentuk resolusi video. Untuk di Instagram, akan lebih baik jika resolusinya adalah 1:1, tapi di media sosial lain, resolusi 16:9 juga akan baik untuk ditampilkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.