Telegram Untuk Bisnis

Mengikuti perkembangan teknologi nyatanya mempermudah kita dalam bersosialisasi. Beragam sosial media membuat kita tetap saling berhubungan satu sama lain melalui dunia maya. Dan saat ini, media sosial bukan hanya dimanfaatkan sebagai tujuan untuk berbagi, bersosialisasi, berpartisipasi, dan sejenisnya saja. Entah bagaimana dan siapa yang memulainya, banyak platform sosial media yang dijadikan sarana berjualan produk. Contoh dari platform sosial media yang digunakan adalah Facebook, Youtube, Twitter, Whatsapp, Line, BBM, dan yang sedang tren saat ini adalah Telegram. Telegram? Yup, mirip dengan Whatsapp namun beberapa fiturnya memberikan kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis.

Untuk bisnis yang sedang dimulai atau skala kecil, Telegram sangat cocok digunakan untuk berbisnis juga berkomunikasi. Aplikasi yang memiliki potensi tinggi dan lebih dari 100 juta pengguna ini belum banyak yang memanfaatkannya. Padahal pihak Telegram menawarkan benefit dalam hal komunikasi, seperti pertukaran 2 arah secara langsung dengan penerima pesan.

Telegram dapat mengirim file dalam bentuk video, foto, atau file dokumen lain. Dengan channel Telegram, kita bisa mengirimkan pesan ke banyak kontak yang sudah berlangganan (subscribers) atau bergabung di channel kita. Channel ini bisa untuk sharing tentang produk terbaru bisnis kamu, bicara produk secara informal dengan customer, sebagai newsletter, hingga untuk event marketing.

Kelebihan lain dari Telegram adalah penggunaan bot. Dengan menggunakan bot, kamu bisa mengatur sistem inti yang memungkinkan bot membantu tugas kamu. Manfaat bot ini diamini juga oleh pihak Telegram yang kemudian meluncurkan bot API agar orang banyak dapat membangun bot menggunakan bahasa pemrograman yang mereka kuasai tanpa harus berhubungan dengan telegram-cli atau MTProto. Bot API adalah akun bot, ada hal-hal tertentu yang bisa dilakukan akun normal yang tidak bisa dilakukan akun bot, misal membuat grup, memasukkan orang ke dalam grup dan mengeluarkan orang dari grup.

Meskipun Telegram diciptakan bukan sebagai tools marketing, aplikasi ini bisa menciptakan peluang berinteraksi dengan audiens kamu. Saat kamu memutuskan untuk menggunakan Telegram, secara tak langsung kamu sudah menciptakan channel baru untuk berkomunikasi.

Siap menggunakan Telegram sebagai salah satu metode marketing kamu?

(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *