Pentingnya Personal Branding

Pernahkah kamu berpikiran bahwa orang lain akan penasaran mengenai kehidupanmu? Apa yang akan kamu lakukan ketika ingin tahu mengenai informasi pribadi tentang orang lain? Ya, Google. Kamu pasti menggunakan search engine tersebut untuk mengorek informasi tentang orang yang bersangkutan, kan? Tidak, itu tidak terdengar ‘creepy’ sama sekali, kok. Banyak orang melakukan hal yang sama.

Beberapa orang berpikir bahwa membangun citra di dunia nyata lebih penting dari dunia maya. Nyatanya, untuk jaman sekarang ini, apalagi untuk kamu yang bekerja di dunia digital, citra di dunia maya sama pentingnya seperti citra di dunia nyata. Inilah beberapa alasan mengapa personal branding itu penting.

1. Membangun Kepercayaan

Memiliki situs web pribadi merupakan hal yang bagus, sehingga orang dapat mencari orang dibalik perusahaan. Bergabunglah dengan jaringan sosial yang sering diminati pelangganmu, dan publikasikan konten dari sudut pandangmu. Ini membantu menciptakan kepercayaan dan otoritas, yang dapat membuat pemimpin menjadi pemikir utama.

2. Membangun Koneksi yang Baik

Orang tidak terhubung dengan perusahaan secara langsung, mereka terhubung dengan orang-orang di belakang perusahaan, sehingga menunjukkan sisi manusiawimu dengan personal branding akan menghasilkan bisnis yang lebih baik. Semakin banyak orang ingin mengetahui kualitasmu sebelum mereka berkomitmen untuk menjadi pelanggan atau mitra.

Personal branding menempatkan kualitasmu di luar sana –salah satunya di cloud– agar dunia bisa melihat. Ini akan membantumu membuat koneksi yang kamu inginkan dan meningkatkan kemampuanmu untuk bekerja sama dan terhubung dengan orang yang tepat. Dan juga akan membantumu mendapatkan pendapatan lebih banyak.

3. Meningkatkan Keberadaan Konten

Semakin kuat personal brandmu, semakin banyak orang akan melihat, berbagi dan merespon kontenmu.  Sebenarnya, meski kamu tidak memperhatikan, kamu sudah memiliki personal brand. Karena kamu akan dengan mudah ditemukan secara online, kamu mungkin juga harus mengendalikan diri. Inilah cara untuk mulai menciptakan personal brandmu dengan cara yang benar. Contohnya yaitu berpartisipasi dalam diskusi online yang terkait dengan bisnismu, entah itu di grup LinkedIn atau Facebook, atau obrolan Twitter. Kamu bisa mulai dengan bersikap responsif terhadap pertanyaan. Dan mengambil bagian dalam komunikasi dua arah, bukan hanya memposting sesuatu lalu dibiarkan.

Coba kamu ‘google’ dirimu sendiri, apa saja hasil yang kamu dapatkan? Apakah cukup memuaskan?

Sumber:
https://www.entrepreneur.com/article/298259
https://www.forbes.com/sites/shamahyder/2014/08/18/7-things-you-can-do-to-build-an-awesome-personal-brand/
https://www.quicksprout.com/the-complete-guide-to-building-your-personal-brand/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *