Klasifikasi Generasi: Beberapa Hal yang Seringkali Tidak Dipahami (Bagian 2)

Minggu lalu kita sudah membahas setidaknya empat kategori generasi. Kali ini, kita akan membahas kategori generasi yang tergolong sebagai generasi pasca Perang Dunia. Kategori generasi pasca Perang Dunia inilah yang seringkali dianalisis potensinya karena dianggap masih relevan dengan perubahan-perubahan yang terjadi di era sekarang. Mau tahu apa saja kategorinya? Simak, yuk!

1. Baby Boomer Generation

Juga dikenal dengan bentuk jamaknya, Baby Boomers, merupakan generasi yang lahir di periode pasca Perang Dunia II. Nama baby boomer diambil dari fenomena meningkatnya angka kelahiran pasca Perang Dunia II. Generasi ini lahir di antara tahun 1946 – 1964 dan saat ini diperkirakan berada dalam usia 70 tahunan. Baby Boomer Generation dianggap sebagai generasi yang membantu meningkatkan perekonomian dunia pasca periode Great Depression karena perilaku konsumtif mereka. Perang DIngin dan Perang Vietnam merupakan dua peristiwa besar yang dialami generasi ini ketika mereka tumbuh. Di Amerika Serikat, generasi ini familiar dengan gaya hidup Beat Generation (sekelompok penulis yang fokus karyanya berada di sekitar perkembangan kebudayaan serta politik Amerika Serikat pasca Perang Dunia II) yang lahir sekitar satu dekade sebelumnya. Generasi ini juga menunjukkan gejala-gejala perilaku yang akan dominan pada generasi berikutnya, yaitu Generation X. Beberapa negara seperti India dan Indonesia juga identik dengan penamaan generasi di periode ini namun dengan nama yang berbeda, yaitu Generasi Pasca Kemerdekaan.

2. Generation X

Generasi ini sebenarnya juga beririsan dengan istilah Baby Bust yang berarti penurunan drastis dalam hal tingkat kelahiran (lawan dari Baby Boomer). Meskipun beririsan (periode lahir Generation X pada 1960 – 1966 sementara Baby Bust di tahun 1967 – 1979), pembahasan generasi Baby Bust tidak sedominan Generation X. Hal ini berkaitan dengan lebih dominannya pembahasan counterculture yang terjadi pada Generation X ketimbang pembahasan berkaitan dengan menurunnya tingkat kelahiran dalam pengertian generasi Baby Bust. Istilah Generation X atau Gen X juga populer digunakan di negara Asia seperti Filipina. Pada periode lahir yang beririsan dengan Gen X dan Baby Bust, terdapat sebutan generasi lain seperti Generation Jones yang populer di negara-negara berbahasa Inggris. Istilah ini juga digunakan untuk menyebut generasi yang lahir di antara periode akhir Baby Boomer Generation dan periode awal Gen X. Secara umum, periode lahir Generation X berada pada awal hingga pertengahan 1960-an sampai akhir 1970-an hingga awal 1980-an.

3. Xennials

Sebutan untuk generasi ini memang tidak sepopuler Generation X ataupun Generation Y, tetapi generasi ini dianggap sebagai penghubung antara kedua generasi tersebut (lahir di periode 1975/1977 – 1985/1987). Xennials dianggap mewakili periode akhir Generation X dan periode awal Generation Y dengan karakteristik yang merupakan penggabungan antara sifat pesimistik Generation X dan optimistik Generation Y.

4. Millennials

Generasi ini dikenal dengan nama Generation Y, sebagai lanjutan dari Generation X. Periode lahir generasi ini diperkirakan ada di sekitar awal hingga pertengahan 1980-an sampai 1995 atau awal 2000-an. Pada tahun 2016 di Amerika Serikat, jumlah populasi Millennials melampaui Baby Boomer Generation dengan perkiraan sejumlah 77 juta jiwa. Millennials seringkali juga disebut dengan istilah Echo Boomers, dalam artian mereka merupakan generasi yang merupakan keturunan langsung dari Baby Boomer Generation. Generasi ini merupakan generasi yang tentunya berada di usia yang tidak jauh dari generasi muda saat ini, selain itu, Millennials juga merupakan generasi yang identik dengan kedekatannya pada perkembangan teknologi informasi, media komunikasi, serta teknologi digital. Generasi ini juga merupakan generasi yang mengalami imbas Great Recession di akhir tahun 2000-an hingga awal 2010-an. Di negara lain, Millennials memiliki sebutan lain seperti Independence Generation (Armenia), 9X Generation (Vietnam), Strawberry Generation (Taiwan), hingga Generasi Reformasi/Pasca Reformasi di Indonesia.

Artikel ini masih akan berlanjut sampai minggu depan, kira-kira ada istilah generasi apalagi sih? Nantikan dan simak di artikel mendatang, ya!

Sumber:

https://www.careerplanner.com/Career-Articles/Generations.cfm

https://en.wikipedia.org/wiki/Generation

https://en.wikipedia.org/wiki/Baby_boomers

https://en.wikipedia.org/wiki/Beat_Generation

https://en.wikipedia.org/wiki/Generation_Jones

http://www.huffingtonpost.ca/2017/06/28/xennials_a_23006562/

https://en.wikipedia.org/wiki/Millennials

https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Recession

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *